Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DESTINASI WISATA TAMAN SARI, YOGYAKARTA! (Part 2 Jogja!)

ALASAN KENAPA GUE PENGEN BANGET JALAN-JALAN KE YOGYA?

ya salah satu nya gue pengen traveling sendiri, dan momen gue kelar internship juga momen sebelum gue di lamar adalah alasan paling tepat ke sanubari yang paling dalam bahwa gue juga butuh me time!

setelah kemarin gue cerita perjalanan hari pertama gue di Jogja dengan di tutup makan angkringan dengan view mini market si merah, besok hari nya gue udah planning sama sepupu gue untuk cititour yang selama ini gue belum pernah kunjungin.

gue pengen banget ke Taman Sari, foto-foto disana dan pengen tahu info sejarah nya tuh kayak gimana sih. Pagi subuh gue udah bangun siap-siap, enak nya lagi gue jalan-jalan ini tuh lagi haid, jadi gue lagi libur untuk sholat hhahahaha ASTAGFIRRULLAH

tapi tetep aja gue subuh udah bangun karena kebiasaan dan setrika hijab plus siap-siapin baju. tujuan kita hari ini :

1. Makan Gudeg

2. Jalan-jalan keliling Taman Sari

3. cari spa yang jogja bangeeett!

gue sama kitty sepakat yaa kita muter-muter keliling kota naik motor aja secara gue dan kitty sama-sama bisa ngendarain motor dan lebih hemat juga ga sih jatohnya.

pagi gue di tinggal sama si Kitty my bestie ini kata dia mau ambil motor di rumah teman nya, dan itu lama bangettt, rencana kita jalan jam 8 pagi ngaret sampai jam setengah 10 pagi, perut gue udah keroncongaann gaeeesss. ternyata ada banget perkara ban nya pecah saat perjalanan doi balik ke kosan.

oke destinasi pertama adalah makan dulu. Makan ini penting banget karena kita mau jalan-jalan kaki seharian kan, jadi makan nih penting. gue bilang masa iya udah di Jogja ga makan gudeg siiihh ya kaliii... akhirnya gue meutuskan untuk makan gudeg Yu Djum di jalan wijilan. sepanjang jalan ini isi nya yang dagang gudeg jadi bu ibu tinggal pilih tuh mau taste gudeg yang kayak gimana.

selesai makan di gudeg Yu Djum, kita mulai jalan-jalan kita dengan motor matic yang gemesh ini, tujuan selanjutnya adalah Taman Sari, dari Gudeg Yu Djum ke Taman Sari ini ga begitu jauh, hanya sekitar 5-10 menit.

sesampainya kita di Taman Sari kita diarahkan untuk antri dan pengechekan suhu terlebih dahulu, ya sekali lagi kita jalan-jalan di masa pandemi covid 19, jadi semua nya berbau protokol kesehatan. beda nya peraturan dulu dan sekarang setelah adanya pandemi covid 19, alur masuk Taman Sari lebih ter tata, kata si Kitty dulu dengan bebas masuk Taman Sari itu ga harus dari pintu utama nya ini, ada beberapa jalan dari pemukiman warga yang memungkinkan kita masuk Taman Sari secara "gratis" namun akses-akses ini di tutup dan pintu masuk terpusat dari pintu utama ini.

sekarang setiap wisatawan yang ingin masuk harus di buat per kelompok trip dengan dipandu dengan 1 orang tourguide disetiap groupnya. kita dikelompokan berdasarkan pengunjung yang datang berbarengan dengan kita, 1 group itu dipasangkan sekitar 7-8 orang baru bisa jalan ke dalam Taman Sari nya, gue pikir bakal nunggu lama karena kan kita menunggu pengunjung yang bisa dijadikan satu group dengan kita, ternyata Taman Sari ini peminatnya banyak juga ya, jadi ga butuh waktu lama untuk jalan masuk dan memulai tour nya.

sebelum masuk kita di  briefing terlebih dahuu oleh pemandu kita dan membeli tiket. menurut gue yaa, dengan sistem tour yang seperti ini jauh lebih menguntungkan dan ter tata dengan sistematis, pengunjung juga diharuskan membeli tiket yang mungkin uang nya untuk operasional Taman Sari nya lagi. gue agak kurang setuju kalau misalkan masuk ke tempat-tempat bersejarah gini tidak membeli HTM nya :(

kita memulai tour nya itu dengan dijelaskan sejarah-sejarah berdirinya Taman Sari ini, menurut bapak tour guide yang gue sendiri lupa nama bapak itu siapa, Taman Sari ini di bangun pada masa Sultan Hamengkubuwono I yang dimaksudkan untuk tempat peristirahatan Raja dan keluarganya. Di Taman Sari ini di bangun tempat pemadian yang disekelilingnya ada tembok pembatas. Ada dua bagian kolam pemandian, yaitu yang luas dan besar diperuntukan bagi para selir-selir raja dan yang kolam pemandian dengan ukuran yang lebih kecil diperuntukan untuk raja.

ada yang menarik dari cerita Taman Sari ini, jadi pada zaman dahulu si Raja itu akan memperhatikan selir-selir yang sedang mandi dan berendam di kolam ( yang pastinya jumlahnya puluhan ya wak ) dan nanti dia akan memilih salah satu dari selir nya itu untuk menemani dia berendam di kolam yang privatetadi.

di atas pintu masuk ke area pemandian ini terdapat ukiran Batara Kala, yang dimaksudkan sebagai penangkal segala bala yang ada. dan di setiap sudut area pemandian ini terdapat benda yang gue pikir tadinya sangkar burung, namun setelah gue tanya sama bapak tourguide nya ternyata dulu itu digunakan untuk menyalakan bara api yang guna nya untuk menghangatakan. jujurlyy di momen cerita ini ga bisa masuk di akal gue secara gue pas ikut tour ini bercucuran keringat yang aduhaiiii parahh alias panas dan terik banget, bisa-bisa nya orang zaman dulu bikin pemanas seperti itu..... ternyata ooohh ternyata zaman dahulu itu suasana nya adem dan asri ga se-panas sekarang ( emang bumi ini semakin panas ya bu ibuuu termasuk orang-orang nya )

lihat kan foto diatas, terdapat sebuah benda yang seperti sangkar burung di pojokan, itu yang dijelaskan bapak tourguide yang fungsinya sebagai penghangat dan itu ada di ke empat sudut pemandian ini berarti bisa bayangin kan bu ibu zaman dulu betapa asri dan adem nya Jogja ini.

setelah menjelaskan dan berkeliling di area pemandian, kita lanjut lagi ke area yang katanya ini dulu malah digunakan sebagai gerbang utama masuk ke area Taman Sari, namun sekarang sudah tidak difungsikan lagi.

sebenrnya kalau dilihat dari bentuknya kalau mau dijadikan gerbang utama ya bagus ini ga sih yang kayak foto diatas, tapi mungkin pasti ada alasan lain kenapa gerbang ini tidak difungsikan lagi dan dialihkan ke pintu belakang sebagai pintu masuk ke area Taman Sari. Nah, pas sampai di point ini beberapa anggota dari group kami mulai memisahkan diri dalam artian mereka tidak melanjutkan tour ini sampai akhir, dikarenakan mungkin lelah? atau ada yang membawa bayi jadi mereka berhenti, tapi gue sama sepupu gue ini terus lanjut sampai tour selesai.

kami pun melanjutkan perjalanan tour kami sampai ke area Sumur Gumiling, padahal salah satu bucketlist  gue ke Taman Sari ini adalah untuk foto di Sumur Gumiling ini yang heitzz banget di instagram, tapi ternyata peraturan terbaru kita tidak diperbolehkan masuk ke area Sumur Gumiling ini yang ternyata ini adalah Masjid untuk ibadah pada zaman dahulunya. Masjid yang terletak dibawah tanah ini dulu nya digunakan sebagai tempat ibadah para keluarga dan abdi keraton. makanya, pihak Keraton Jogja ingin mengembalikan lagi fungsi dari Sumur Gumiling ini sebagaimana fungsinya jadi para pengunjung tidak diperkenankan untuk masuk lagi.

ingat ga tadi yang kata bapak pemandu bahwa area disekitar pemandian Taman Sari ini dulu nya merupakan kebun buah, Nah dimasa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono III, Taman Sari tidak digunakan lagi dan area perkebunan buah itu dijadikan rumah tinggal bagi abdi dalam keraton, sampai hari ini.

uhwoww benar-benar perjalanan gue kali ini banyak ilmu nya bu ibu... Taman Sari yang baru pertama kali gue kunjungin ini membuat gue benar-benar terbawa ke masa lalu, dan berusaha berimajinasi bahwa orang zaman dulu tuh kehidupannya ngapain aja sihh.... tepuk tangan ga nihhh buat guee!

ini bapak pemandu kita yang ngejelasin banget tentang sejarah Taman Sari. Tengkiuu banget bapaaakkk.

***

setelah lelah berkeliling Taman Sari, gue dan sepupu gue tuh bener-bener haus dan encok banget, butuh tempat adem dan minuman segar jujur. akhirnya kita pergi ke Malioboro Mall untuk makan siang + ngadem.

setelah berjam-jam ngobrol, ketawa, ngegosip sama bestie gue Kitty, akhirnya kita memutuskan untuk cari tempat reflexy et causa kita kaki kita ini udah encok banget jalan seharian. Kitty ngebawa gue ke Djemari reflexiology. wahhh asliii rekomendasi banget ini temoat reflexy kalau ibu-ibu lagi jalan-jalan ke jogja dan butuh pijit-pijit setelah seharian berjalan kaki di Jogja!

lanjut hari ke 3 di next part yaa bu ibuuuu!