Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SUAPIN MAKAN MAS RAHSYA SAMPAI KE KOTA TUA JAKARTA

Wahh.. udah lama ya ga update blog lagi.. ya selain urusan klinik yang sekarang lagi intense banget, urusan domestik rumah tangga juga ga kalah heboh nya nih bu ibuuuu...

kali ini gue mau ceritain sedikit pengalaman gue tentang dunia MPASI anak. Mas Rahsya pertama kali makan itu di usia 6 bulan, setelah ASI eksklusif akhirnya Mas Rahsya akhirnya buka puasa juga. bagi gue yang baru pertama kali punya anak dan lumayan agak kerepotan juga untuk nyuapin anak dunia per-MPASI-an ini agak challenging menurut gue. seperti hal nya kayak hari minggu kemarin. bener-bener gue di buat stress sama Mas Rahsya karena dari sarapan sampai ke makan malam dia ga mau sama sekali. hanya snack dan buah yang bisa masuk ke mulut nya. biasanya Mas Rahsya makan selalu disuapin sama Oma karena gue lumayan kalau weekday tuh kerja kan... nah pas banget hari minggu kemarin Oma nya lagi pulang dulu, dan Mas Rahsya full gue yang pegang.

gue jadi teringat suatu masa dimana Mas Rahsya baru pertama kali MPASI. makanan nya masih bubur halus, dan kebetulan ga ada Oma nya juga. jadi weekend itu emang jatahnya Oma balik ke rumah nya, dan biasa nya gue sama suami yang hands on untuk ngurus Mas Rahsya, pas waktu sarapan, sudah sesuai dengan kebiasaan nya Mas Rahsya, yaitu bubur halus nya selalu dalam keadaan hangat, tapi susaaaaaaahhhhh banget masuk ke mulut. jadi gue bilang sama suami coba kita kasih makan sambil jalan-jalan, sekallian gue sama suami cari sarapan juga.

akhirnya gue siapin MPASI nya Mas Rahsya untuk dibawa, gue mandiin dan gantiin baju. jam menunjukan 07.00 pagi dan siap untuk berangkat.

niatan awalnya itu cuma makan bubur dekat-dekat rumah, tapi kata suami cobain aja makan bubur di daerah al azhar pusat kebayoran, gue disitu lumayan agak berfikir lah gimana caranya suapin Mas Rahsya, karena gue terbiasa pakai baby chair di rumah, ga bisa gitu suapin makan tapi sambil digendong gitu. tapi ya udah lah coba aja dulu ya kan...

sampai di tempat bubur kita ga mendapatkan tempat duduk yang kondusif, lumayan agak ditengah-tengah gitu dan agak terpapar sinar matahari, sebenernya kan sinar matahari pagi kan bagus yaa.. tapi entah kenapa itu jadi membuat gue tambah stress.

di momen ini tuh bener-bener Mas Rahsya muter-muter ga mau makan, bener-bener disembunyiin itu mulut menghindari sendok makannya. jujurlyy, sebagai beginner di dunia MPASI ini ga mudah banget, gue tuh harus bener-bener belajar gimana caranya suapin makan di momen yang ga ada baby chair kayak waktu itu.

sampai dimana gue sempet nyerah sih dan minta tolong suami gue untuk suapin juga, tapi tetep sama kondisi nya, Mas Rahsya sama sekali ga mau buka mulut, ada beberapa suap yang masuk tapi ga seberapa....

dan momen yang paling menegangkan adalaaahhh.... akhirnya Mas Rahsya muntah, semua makanan yang ga seberapa itu keluar semua huhuhu sedih banget :(

gue ga tau ini kenapa muntah nya, apa karena dia emang beneran mual atau karena teknik menyuapin makan gue yang kacau atau emang posisi dia yang muter-muter kayak uget-uget sehingga dia jadi mual dan muntah lah terjadi.

dengan gercep nya gue lap semua muntah nya, dan bersihin Mas Rahsya, dengan bermodalkan tissue basah gue bersihin seluruh badan nya Mas Rahsya. ya mau gimana lagi ga gue lanjutin lah makan nya. setelah bersih semua gue stop acara sarapan pagi nya Mas Rahsya, dan di ajak main sama papa nya.

sambil menunggu perutnya Mas Rahsya mendingan, gue pun mengisi perut juga yang sebenernya bubur gue juga udah dingin karena datang dari awal dan ga gue makan-makan karena berusaha nyuapin Mas Rahsya.

setelah gue selesai makan dan bayar, gue masih berusaha untuk nyuapin Mas Rahsya, tapi gue bilang sama suami gue untuk jedain biar perut nya Mas Rahsya ga terlalu mual, terserah deh mau dibilang ga becus suapin atau gimana yang penting anak gue makan dan masuk gizi nya.

suami gue akhirnya keliling-keliling dan sampai lah di Kota Tua Jakarta. sebenernya dia nyaranin untuk suapin makan disini cuma kok yaa restaurant juga belum pada buka, terus gue ajak dulu untuk jalan-jalan dan foto-foto siapa tau mood nya Mas Rahsya untuk makan ada lagi, dan mungkin dia udah capek perut nya jadi laper.

***

kebetulan kita parkir mobil itu dapat di dekat pasar asemka, jujurlyy gue sekarang bingung sih di kota tua ini untuk parkir kendaraan dimana karena dulu kan disekitar lapangan Kota Tua nya itu bisa untuk parkir kendaraan, dan kita itu sampau puter 3x untuk cari parkiran barulah di dekat pasar asemka ini ada tukang parkir yang dari pemda dan pakai tiket parkir juga, jadi gue dan suami lumayan percaya lah untuk parkirin mobil disitu, setidaknya keamanan nya jelas.

setelah parkir gue gendong Mas Rahsya pakai hipseat yang menjadi andalan gue kalau lagi jalan-jalan yang modelan begini ( ga memungkinkan untuk memakai stroller atau lebih ringkes aja pakai hipseat) berjalan kaki menuju arah kota tua nya itu lumayan masih sepi, secara gue datang kesitu jam 9 pagi.

saat berjalan kaki menuju arah lapangan Kota Tua nya gue nemuin spot foto yang cakep punya, bener-bener kayak di Eropa, secara di Kota Tua Jakarta ini kan kebanyakan bangunan berarsitektur belanda, dan ditambah lagi masih sepi orang, jadi momen banget nih untuk mengabadikan momen yang tidak sengaja ini

cakep banget kaaannn.... ini ada di bagian yang dekat denga Toko Merah itu, setelah renovasi jalanan di Kota Tua, memang pedestrian nya jadi lebih baik dan lebih ramah pejalan kaki, mungkin ini sebab nya kendaraan jadi bingung mau parkir dimana.

sampai di area Museum Fatahilah nya/lapangan Kota Tua yang terkenal itu, kita harus scan peduli lindungi dulu sebelum masuk ke area, lumayan agak ketat, dan ada pemeriksaan suhu juga, ga jauh dari area gerbang masuk tuh ada satu tenda yang tulisannya area isolasi ( mungkin ini tenda yang diperuntukan bagi orang-orang yang ga bisa masuk ke area Museum Fatahilah nya et causa karena suhu dia melebihi normal atau memang di peduli lindungi dia statusnya berwarna hitam ).

masuk di area Kota Tua terasa banget vibes zaman kolonialnya nih, dan ini pertama kali nya Mas Rahsya ke Kota Tua, dan masih sedikit sekali orang yang datang, biasanya menurut seingatan gue lapangan yang ada di depan Museum Fatahilah ini adalah gudang nya manusia, yang entah itu untuk foto-foto atau bermain sepeda yang disewakan, gue aja dulu main-main sepeda disini agak sempit yaa saking penuh nya manusia.

karena emang gue kesitu masih pagi jadi sekosong ituuuu... ya apa ga dimanfaatkan untuk foto nih momen Kota Tua kosong begini.

kapan lagi coba kita dapat background Museum Fatahilah dengan sebersih dan sekosong iniii tanpa ada background orang sedang berfoto atau sedang bermain sepeda. Yang tanya, jadinya ini siapa yang fotoin? kok bisa foto bertiga? kan katanya ga ada orang? jawabannya adalah.... kita sengaja bawa tripod dari mobil, Tripod kepunyaan suami gue ini emang selalu stand by di mobilnya dia kalau dia ada kerjaan untuk foto.

ada sih beberapa biji bule dan orang yang lagi foto-foto juga tapi ga bejibun, itu juga gue yakin turis asia juga.

tapi yaa.. siapa yang suka ngerasa kalau jalan-jalan ke Kota Tua tuh pulang-pulang badan kita super gerah dan super beliket... kayak abis olahraga tapi keringet udah mulai kering tapi kita belum mandi. nah itu yang gue sama suami rasain setiap kali gue jalan-jalan ke Kota Tua ini.

dengan alasan itu pula, kita butuh yang adem-adem dan jam juga udah menunjukan pukul 10.00 pagi juga, kita memutuskan untuk ke Mall Grand Indonesia yang ada di Bundaran HI. perjalanan dari Kota Tua ke GI itu menurut google maps sekitar 1 jam, ya pas lah dengan jam buka Mall, dan terlebih lagi itu berarti udah masuk jam makan siang Mas Rahsya, gue bilang sekalian aja coba untuk suapin makan siang Mas Rahsya di GI.

bener aja, sesampai nya di grand indonesia juga Mall nya juga baru banget buka dan belum banyak pengunjung yang masuk. entah karena gue makan sarapan yang keburu-buru atau abis ngeluarin kalori yang banyak dengan jalan kaki di Kota Tua tadi, jadi gue ngerasa laper lagi. akhirnya gue memutuskan untuk makan ramen di salah satu restaurant yang ada di GI. pas gue dudukin Mas Rahsya di baby chair dan mulai suapin makan ( porsi makan siang nya dia, karena porsi yang tadi pagi udah gone udah gue buang) dengan lahapnya Mas Rahsya makan dan habis

beberapa faktor yang mungkin jadi alasan kenapa makan siang Mas Rahsya berhasil 100% :

1. karena tempat nya adem dan ber AC ( oh my god Mas Rahsya ini anak nya winter banget nihh kuat banget sama dingin, sedangkan mama nya ga kuat dingin )

2. Makannya di tempat yang seharusnya ( di baby chair, bukan di gendong yang bisa membuat dia jadi uget-uget )

3. dia emang udah laper karena jarak dari makan pagi yang failed 100% itu adalah kurang lebih 2 - 3 jam sebelumnya jadi dia emang udah kelaperan.

4. karena di GI(?) entah kenapa sampai saat tulisan ini gue buat Mas Rahsya hampir ga pernah ga habis makan nya ataupun drama kalau kita makan di grand indonesia

menurut buibuuu kemungkinan yang mana? hehehe

see you di cerita Jalan-jalan Mas Rahsya Selanjutnya yaaa!