Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HAMPIR TERTIPU DI LOMBOK ( lombok part 1)

Nahhhh... kali ini seru banget sih ceritanya.

jadi sekitar bulan Maret 2022 itu gue, Mas Rahsya, dan suami alhamdulillah punya kesempatan jalan-jalan lagi. kali ini ke Lombok!!!

LOMBOK gaeeess!!

sebenernya sih ga pure 100% gue jalan-jalan atau niatin ke Lombok untuk "healing" ini kita ke Lombok karena sahabat gue waktu kuliah itu menikah disana. ya kalau bukan karena alasan dia menikah sih kayaknya suami gue rada mager yaaa....

kalau kali ini gimana penerbangan bersama Mas Rahsya yang waktu itu usia nya baru 4 bulan sih lumayan udah mahir yaaa.. secara penerbangan Mas Rahsya pertama kali waktu ke Yogya itu kayak deg-degan ada banget.

Nah, peraturan penerbangan pas gue ke Lombok ini juga beda lagi. yang tadi nya bagi yang sudah bersertifikat vaksin 2 dosis hanya menyertakan hasil test antigen aja, dan yang belum vaksin covid 19 ( kayak Mas Rahsya ) itu harus menyertakan hasil negatif test PCR, ini beda lagi peraturannya.

kami sama sekali ga perlu menyertakan hasil test kesehatan, bagi gue dan suami maupun Mas Rahsya, jadinya ga begitu ribet. kebetulan waktu itu gue udah sampai dosis ke 3 dan suami gue udah sampai dosis ke 2, sedangkan bagi anak itu menyesuaikan ke pendamping nya aja. apa karena pas gue penerbangan ke Lombok, baru aja berbarengan dengan perhelatan internasional MotoGP kali yaa.. jadi di permudah gitu hahahaha who knows?

penerbangan kami itu jam 11.20, jadi biasa gue berangkat tuh udah dari jam 07.00 pagi karena rumah gue yang nun jauh di mato dan gue tipe orang yang kalau bisa lebih cepet nyampe kalau disituasi baru gini dari pada gue mepet dan keburu-buru jadi ga asiiiikkk kan perjalanannya.

sampai di Bandara Soekarno Hatta itu sekitar jam 8 pagi, kita sempetin untuk sarapan ( sarapan yang bener karena gue ga mau ke ulang kejadian yang kayak kemarin lagi ) sambil nunggu temen-temen gue yang lain sampai di bandara juga.

gue memutuskan untuk makan Yoshinoya di Terminal 3, selain karena emang nyari Nasi buat sarapan, tempat nya juga lumayan bagus. jadi counter si Yoshinoya ini lumayan agak sempit kalau dari depan, tapi di belakang nyaa... bagus bangett.. kita bisa lihat landasan pesawat, yang mana Mas Rahsya jadi excited banget!

jadi, rekomen banget yang mau tunggu temen-temen kumpul tapi belum mau masuk ke ruang tunggu, bisa banget Yoshinoya sebagai meeting point kalian.

setelah nunggu kurang lebih 2 jam, dan temena-teman gue tak kunjung datang juga, akhirnya gue memutuskan untuk masuk ke ruang tunggu, karena gue tau gate pesawat gue tuh lumayan jauh ada di ujung bandara, untuk sampai di Gate nya aja lumayan makan waktu, karena jam 11.10 tuh kita udah harus boarding. jadilah gue dan suami duluan masuk ruang tunggu.

seperti biasa, kebiasaan yang wajib kudu gue lakukan adalah menggantikan pampers Mas Rahsya, event dia poop atau engga, yaa preapre aja jangan sampe riweh di dalam pesawat pas perjalanan nya. Nah, berkaca dari pengalaman gue waktu ke Jogja, sempet gue gantiin pampers dan menyusui di Nursery room di luar ruang tunggu ( kalau di terminal 3 keberangkatan domestik itu ada deket Starbucks ) dan disitu lumayan sempit, dan yang bikin gue kaget sejadi-jadinya adalah ada anak kecoa di tray tempat kita gantiin pampers. disitu gue ga jadi buat gantiin pampers di tray nya, untungnya kemana-mana gue selalu bawa alas ganti popok sendiri ( jaga-jaga aja kalau ada kejadian kayak gini ) dan akhirnya gue bilang ke petugas nya dan langsung di bersihin gitu, petugas nya juga minta maaf.

nah kali ini gue coba Nursery room yang ada di dalam ruang tunggu. Nursery room banyak hampir di setiap 2 gate itu ada Nursery room, tapiiii kadang ada yang di buka ada juga yang di kunci, jadi kita harus pinter-pinter aja cari nya. Baru mendekati gate gue ada Nursery room nya, dan gue coba ganti disitu, Alhamdulillah nya yang disini bersih dan adem, jadi nyaman untuk nyusuin juga.

Nah, biasanya kalau gue flight jam 11an gitu gue usahain 1 jam sebelum boarding gue udah ada di ruang tunggu, atau minimal deket2 ke gate nya lah, sekali lagi gue ga suka yang keburu-buru jadi gue lebih seneng prepare dari awal aja ( kecuali kalau lagi jaga Ahahahahah) Nah, gue udah nunggu tuh... sejam gue nunggu belum ada tanda-tanda gate dibuka, dua jam gue nunggu tiba-tiba ada pengumuma di TV nya gitu kalau flight gue delayed kurang lebih 30 menit. suami gue tuh udah agak bete, karena kalau tau begini dia bisa sholat jumat dulu ( Ya mana kita tau ga sihhh... kan kita bukan petugan bandara nya )

dodol nya lagi, gue tuh emang ga kepikiran untuk beli makan dulu, atau makan siang dulu gitu di deket gate itu kan sebetulnya banyak resto yang bisa beli cepet gitu, karena 1 gue takut ketinggalan pesawat ( padahal ditungguin ga sih kalau itu ) ke 2 Mas Rahsya udah petakilan banget waktu itu.

abis itu gue sempetin sholat dzuhur dulu dan tepat jam 1 siang baru kita boarding masuk ke dalam pesawat. karena delayed kita dapet kayak snack box gitu gue pikir isinya kyk risol atau pastel tapi ternyata cuma aqua biskuit dan kacang padahal pake maskapai ijo loohh ( ya gapapa sihhh alhamdulillah untuk ganjel perut )

penerbangan kurang lebih 2 jam dari jakarta menuju lombok membuat gue lumayan nahan maag banget nih skip makan siang ( lumayan kleyengan gue di pesawat) karena sekali lagi inflight meal cuma bisa di beli pas waktu kita beli tiket.

***

landing di Lombok itu lumayan membuat gue kepusingan sendiri, karena gue skip makan siang gue lumayan kleyengan dan mau cari makan dulu di Bandara. Nah disini sebenernya cerita dimulai.

kesan pertama yang gue dapati di Bandara Lombok adalah agresif. orang-orang dengan agresifnya mendekati gue dan suami untuk menawarkan jasa transportasi, yang mana membuat gue tidak nyaman. baru aja landing masih liat situasi, dan mereka bener-bener dari pintu keluar langsung ngintilin dengan mimik wajah yang agak menurut gue "serem" jadi gue ngerasa kayak di todong. gue sejujurnya prefer untuk naik taxi online karena tarif nya jelas, dan gue emang mencari stand taxi online yang ijo-ijo itu. gue pikir kan abis acara besar MotoGP pasti fasilitas trasnportasi nya oke lah ya.

dari kejauhan gue udah liat ada stand taxi online ijo itu. gue dan suami karena ga ada stand makanan yang buka jadilah mendekat ke arah stand taxi online itu ( gue mikir cepat sampai hotel, cepat makan wkwkwkwk). Yang gue heran lagi adalah... pas mendekati stand taxi online ijo itu, bukan nya by aplikasi nya dia, petugas nya malah kayak nyerahin gue ke "driver" non aplikasi ini dengan perjanjian biaya tarif transportasi nya sesuai dengan yang di aplikasi. mungkin si petugas juga takut kali yaa, kayak zaman dulu kejadian baru-baru ada moda transportasi online suka sleg sama non online. disitu gue udah ngebatin aja, udah mulai deg2an karena posisinya gue bawa bayi kan, takut aja kenapa-kenapa.

dengan segala ke-agrsif-an nya gue akhirnya dibawa masuk ke salah satu mobil driver ( yang sebenernya itu bukan by app ) dan seketika banyak orang-orang yang dengan tiba-tiba angkatin barang-barang gue. suami gue udah bilang "ga usah mas" karena si driver dan suami gue yang angkat-angkat pun udah cukup, tapi kayak koper-koper gue tuh diambil aja gitu terus di masukin ke mobil nya ( untung kagak di bawa kabur ) dan tiba-tiba si "orang-orang" ini colek suami gue minta uang intinya. sama suami gue di kasih lah 20 ribu rupiah, karena emang itu doang deh sisa cash di dompet suami gue. setelah di kasih dan kita udah siap berangkat ( udah di dalam mobil ) mereka langsung mengumpat kata-kata dengan nada marah. JUJURLYYYY GUE TAKUT BANGET. yang bisa gue lakukan cuma gendong Mas Rahsya, make sure dia aman!

maksud gue yaa.. posisi nya tanpa di bantu orang-orang tadi sebenernya masuk-masukin koper ke dalam mobil itu mah juga beres sama suami dan driver nya. heran gue!

***

perjalanan dari bandara ke hotel gue tuh kurang lebih sekitar 44 menit, waktu udah menunjukan jam 5 sore waktu lombok, ini perut gilingaannn udah keroncongan banget. gue udah pucat pasi aja.

ditengah ke pucat pasi-an wajah gue, gue coba nanya ke driver nya ( yang sebenenrya bawaan nya juga serem banget). jadi rencana gue selama di lombok ini adalah, nginap 1 malam di kota Mataram di hotel tempat sahabat gue menikah, abs itu gue check out dan pindah ke Resort di Senggigi. Nah, gue coba tanya dong sama driver ini, kira-kira perjalanan dari hotel gue di kota Mataram ke Senggigi itu berapa lama, si drivernya jawab sekitar 30-45 menit. Dan ide nya lagi, gue tanya sama si driver ini biaya nya berapa biasa nya kalau antar kesana, dan si driver jawab ( dia tuh kayak ga langsung jawab gitu loh, ada moment dia kayak mikir gitu ) dan dia jawab 250 ribu rupiah.

inget nih dia jawab...... 250 ribu rupiah.

suami gue yang tipe orang nya ga mau ribet, langsung WA gue dia tanya apa ga minta nomer telfon si driver untuk anter-anter kita selama di Lombok. Tapi jujurly.... feeling gue (mungkin feeling keibuan dan keistrian gue udah mulai main kali ya disini) gue ga ngerasa mau aja di anter-anter sama driver ini, dalam pikiran gue, gue nanti tanya aja sama temen-temen gue atau nebeng-nebeng gitu (karena kan rata-rata temen gue pada extend liburan juga di Lombok, ga hanya hadir ke pernikahan doang) gue bilang sama suami gue, ga usah.

akhirnya, sampailah gue Mas Rahsya dan suami gue di hotel dengan selamat.

sampai di hotel, jujurlyyy gue langsung jatohin badan ke kasur. gue nginep di Prime Park Hotel Mataram. super duper nyaman banget, karena emang secapek itu perjalanan kali ini.

as always, Mas Rahsya langsung gue mandiin dan bersih-bersih. karena emang perjalanan nya secapek itu dengan delayed dan sebagainya. abis gue mandiin Mas Rahsya langsung tidur tuh, karena emang udah waktunya dia tidur kalau pakai waktu Jakarta.

Mas Rahsya tidur, waktu nya gue dan suami memasukan energi lagi. gue niat nya untuk cari jajanan di samping-samping hotel, tapi badan udah ambruk banget bestieee... kaki udah cekot-cekot, akhirnya memutuskan lagi pesen makanan online. Jelas banget gue pengen AYAM BAKAR TALIWANG lah!! ya kaliiii udah di Lombok ga cobain makanan khas nya.

sat set sat set, nyampe deh nih ayam bakar taliwang, suami gue ambil ke Lobby hotel.

gillssss wangi nya aja sampai ke lubuk hati dan sanubari wak.... gue masih inget banget, makan nya sampai gragas banget

terlihat endolita barbanero banget kan wakkkk!! ehhmm harus cobain dehh pokoknya! rasa nya kayak.... Makan Ayam Taliwang di Lombok nya langsung... ahahahahahahah

selesai makan, belum sempat gue mandi dan bersih-bersih, gue di telfon temen-temen gue untuk ikut acara bridal shower nya temen gue ini di salah satu kamar. dengan muka kucel gue dan masih pake baju pas penerbangan tadi gue jalan lah ke kamar temen gue yang di pake buat bikin bridal showernya.

dekorasi nya udah oke poenya dehhhh, tinggal nunggu si Bride nya datang.

sambil nunggu si Bride nya dateng, kita kan ngobrol-ngobrol yaa. ada beberapa temen gue ini yang emang pernah internship ( program pengabdian gitu deh buat dokter umum ) di Lombok ini, jadi mereka udah sering lah dan failiar dengan daerah-daerah Lombok.

inget tadi si bapak driver bilang berapa dari Kota Mataram sampai ke Senggigi.... 250 ribu rupiah bukaaannn....

terus gue bilang lah pas lagi ngobrol-ngobrol ini, gue bilang sempet nanya ke driver bahwa dari kota Mataram ke Senggigi itu 250 ribu rupiah.... sontak pada terkezoet semua doooonnggg, apalagi temen gue yang internship disana, GILSSSS ternyata biaya dari Kota Mataram sampai ke Senggigi itu cuma 98 ribu rupiah by app...... WEYYYYYY APA MAU NAIK HAJI ATAU GIMANA SIIIIHHH SI DRIVER ITU. mana tampang nya serem gitu!! hampir 2x lipat nya cuuuyyyy!!!! katanya dari ujung Lombok Barat ke unjung Lombok Timur aja ga sampai 200rb  ( Astagfirullah dari ujung ke ujung pulau aja GA SAMPAI 200 ribu rupiah ) emang yaaa feeling istri ini kuat bangetttt.... emang ada sesuatu yang menggerakan batin gue ( ceileeehh batin... tutur batin kali aah ) untuk ga pake si driver itu, lo bayangin aja kalo yang jarak nya 30 menit aja dia getok 250 ribu gimana gue minta anter-anter jalan-jalan keliling Lombok, tekorrr gilingaaann!!

gue sempet chat-chat sama temen-temen gue yang emang orang asli Lombok dan emang tinggal di Lombok, rata-rata yang di dekat bandara itu orang pendatang atau Lombok Tengah. dan mereka sifat nya lumayan agak agresif dan suka ngegetok harga apalagi tau dari logat kita bicara seperti orang pendatang, jadi di mahal-mahalin, apalagi sama WNA.

ya gue tau sih ga semua nya orang Lombok kayak gitu. ini hanya oknum yang kayak gini, tapi gue kan datang ke sana ga jauh dari perhelatan MotoGP ( itu event internasional kan) ya setidaknya SDM nya agak dibenerin gitu, ga enak aja kan kita lagi liburan dapat bad experience kyk gini jadi nya bad memories deh kalau itu terjadi sama turis asing.

semoga aja sekarang udah ga ada yang model begini lagi. jadi wisata indonesia bagus di mata siapapun yang mengunjunginya!💙

next ke part 2 ya bu ibu......